Kreatifitas Menjadi Kebutuhan Pokok Untuk Berkembang

Kreatifitas Menjadi Kebutuhan Pokok Untuk Berkembang
karier merupakan bentuk aktualisasi diri seseorang. Ciri yang paling jelas membedakan manusia dari mahkluk lain adalah ia memilik karier dalam hidupnya; bukan sekedar mencari makan. Dalam bidang apa pun setiap orang mempunyai kewajiban untuk mengabdikan hidupnya pada karier yang ia pilih, agar ia bisa berguna bagiorang lain dan dirinya sendiri. Pendidikan baik formal maupun non formal ~ walaupun tidak semata-mata di tujukan untuk itu, adalah salah satu patih dalam menyiapkan seseorang untuk berkarier. Proses belajar itu terus berlangsung, dan tak pernah selesai, bahkan saat seseorang mencapai "puncak karier".

     Kreatifitas adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari dunia kerja. Kalau ditelusuri dari asal katanya, creat dalam bahasa inggris maupun creare dari bahsa latin yang berarti "menciptakan", "membuat" atau "memproduksi", baik kreatif dan bekerja merupakan satu nafas. Sebuah proses kerja, pastilah juga proses kreatif (karena disana ada aktifitas mencipta atau memproduksi) dan kreatifitas adalah produk dari kerja.
     Tak perlu membayangkan terlalu jauh mengenai bagaimana harus kreatif. sebuah sistem atau alur kerja yang diciptakan merupakan sebuah sistem kreatif. Alur itu di susun atau dibangun agar pekerjaan lebih cepat, lebih teliti, dan lebih standarisasi. Mengikuti pola atau sistem tersebut. kita telah menjadi kreatif secara sistematik. Tak perlu repot-repot berpikir, cukup jalankan saja prosedurnya. Kita adalah orang-orang kreatif, yang melakukan pekerjaan sebatas alur kreatif, bukti kreatif akan muncul dari hasil keja yang baik, memuaskan, dan memenuhi standarisasi.
     Kreatifitas mandiri menjadi tuntutan apabila tidak tersedia'a sistem seperti di atas, atau ada sistem namun tidak memadai. untuk itulah wawsan yang luas, rasa ingin tahuyang tak pernah henti, dan keberanian mencoba hal-hal baru akan mendukung kita untuk kreatif secara mandiri.
      Di dunia kerja, kreatifitas yang paling urgent sebenar'a adalah menciptakan lapangan kerja. Bagaimana sebuah peluang bisa diciptakan, baik dari lapangan kerja yang telah ada maupun dengan membuat hal baru. Sekitar dua puluh tahun yang lalu mungkin belum pernah terfikirkan akan ada jenis profesi seperti "penjual pulsa" , atau sepuluh tahun yang lalu tak ada yang menyangka ada pekerjaan seperti "penjual konten" yang menghasilkan uang miliaran rupiah tanpa modal kerja yang besar. karena itu semua buah dari hasil kreatifitas yang ditekuni'a.
      Di lihat dari sisi pencari kerja, kreatifitas dituntut untuk membidik peluang. Kalau dahulu profesi pelaut atau pekerja hotel sering dikonotasikan negatif (karena minim'a informasi masyrakat mengenai industri ini),  kini untuk saat ini pekerjaan tersebut tidak lah dikonotasikan dengan makna negatif. Kalau mau melihat dengan jeli dan teliti, begitu banyak peluang ditawarkan, akan tetapi untuk saat ini kendala yang terjadi marak'a KKN, hal ini yang membuat seorang pencari kerja harus betul-betul ekstra dalam membidik peluang yang ada dan harus di iringi dengan tingkat kreatifitas yang ekstra pula.
     Tuntunan untuk kreatifitas, harus dimulai sejak wawancara permulaan. Kreatiflah "menjual" diri sendiri, jawab pertanyaan dengan cerdas bersikaplah menyenangkan, dan buatlah dunia kerja yang akan kita masuki sebagai sarana aktualisasi diri. Kita bekerja bukan hanya untuk sesuap nasi, akan tetapi jauh lebih mulia dari pada itu, menjadi berguna bagi banyak orang dan diri sendiri. untuk itu teruslah meningkatkan kreatifitas kalian asah terus kreatifitas kalian, tekuni di bidang'a. (insya allah swt) suatu saat anda pasti  akan menikmati hasil dari kreatifitasan kalian.

Related product you might see:

Share this product :

Poskan Komentar